Monday 23 February 2015

Tips Menyembuhkan Anemia secara Alami

Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin didalam tubuh berjumlah kurang dari normal, contohnya bila kadar hemoglobin pada pria jumlahnya kurang dari 13.5 gram/100 ml dan pada wanita jumlahnya kurang dari 12 gram/100 ml. 
Anemia
Anemia
Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa ke oksigen ke seluruh tubuh, Ada tiga penyebab utama anemia, yaitu terlalu banyak kehilangan darah baik secara tiba-tiba ataupun karena terjadinya pendarahan internal, jumlah sel darah merah yang diproduksi tubuh terlalu sedikit, dan terlalu banyak sel darah merah yang rusak dalam tubuh. 

Namun, dari ketiga penyebab tersebut, biasanya tipe anemia defisiensi zat besi yang paling banyak diderita oleh masyarakat sebab bila anda kekurangan zat besi maka tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang dapat anda terapkan melalui tips-tips berikut ini :

•        Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi contohnya daging merah, berbagai sayuran hijau seperti kol, seledri, kangkung, brokoli dan bayam

•        Konsumsi vitamin B12

•        Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, sebab vitamin C berguna untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

•        Ramuan madu, jus lemon dan cuka sari apel terbukti cukup ideal untuk memerangi anemia

•        Batasi atau lebih baik hindari untuk mengkonsumsi kopi yang berkaffein tinggi sebab minuman berkafein dapat meningkatkan denyut jantung yang tidak cocok bagi penderita anemia.

•        Tingkatkan sirkulasi darah dengan cara mandi air garam epsom atau rendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam. Selain untuk melancarkan sirkulasi darah, air garam juga berguna untuk mencegah pusing karena anemia.


•        Agar sirkulasi darah tetap lancar, maka anda harus tetap selalu aktif dan berolahraga secara teratur. Contoh olahraga yang cukup bagus bagi penderita anemia adalah yoga.

Tips Menyembuhkan Anemia secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MidoriKame
Terima kasih sudah berkomentar