Saturday 14 February 2015

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

Apakah anda tahu bahwa satu dari sepuluh orang di dunia pasti menderita penyakit batu ginjal? Bahkan sebuah studi terbaru menyatakan bahwa saat ini jumlah penderita penyakit ini semakin bertambah. Bila anda pernah merasakan menderita penyakit ini, pastilah anda akan selalu mengingat rasa sakit yang diakibatkan batu kecil yang melewati pipa kemih hingga keluar dari dalam tubuh.

Batu ginjal
Batu Ginjal


Bagi sebagian besar orang, bila tidak dilakukan pencegahan yang benar maka batu ginjal tersebut tidak hanya muncul sekali, namun dapat terulang lagi dalam jangka waktu selama 7 tahun. Berikut ini ada beberapa tips mudah yang dapat anda terapkan agar anda dapat terhindar dari penyakit batu ginjal :
  • Minum banyak air putih
Usahakan dalam sehari anda selalu minum air putih sebanyak 8 liter. Air putih sebanyak itu berfungsi agar dapat mencairkan zat di dalam urine. Bila perlu, air putih dapat anda selingi dengan jus jeruk atau air lemon yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya kristal yang menyebabkan terjadinya batu ginjal
  • Kurangi sodium
Berbagai makanan yang mengandung sodium yang tinggi akan menyebabkan meningkatknya kadar kalsium oksalat yang dapat membuat terbentuknya batu ginjal.
  • Batasi mengkonsumsi protein hewani
Makan protein hewani terlalu banyak, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut, akan dapat meningkatkan tingkat asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Selain itu, bila anda membatasi untuk mengkonsumsi protein hewani maka hal tersebut juga dapat memberi efek positif pada kesehatan jantung anda.
  • Hindari konsumsi sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung kadar oksalat tinggi

Sayuran seperti bit, bayam dan berbagai jenis kacang-kacangan mengandung kadar oksalat yang tinggi, sehingga semakin dapat mempercepat terbentuknya batu ginjal

Tips Agar Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MidoriKame
Terima kasih sudah berkomentar